homeSchool
Pertanyaan I : Apakah Home Schooling/Home Education itu?

Jawab: Homeschooling merupakan sebuah kata benda/noun, yang berarti: pendidikan anak-anak yang dilakukan di rumah oleh orang tua mereka.

Homeschooling atau homeschool (biasa juga disebut home education atau home based learning) adalah sebuah alternative pendidikan anak-anak yang dilaksanakan dalam sebuah lingkungan tempat tinggal, yaitu keluarga, walaupun ada juga yang menyelenggarakannya dengan mendatangkan guru. Berjalannya proses pendidikan anak-anak yang homeschooling dipenuhi melalui keluarga, ataupun komunitas. Di Negara-negara maju, Homeschooling merupakan sebuah alternatif pendidikan yang diakui legalitasnya. Dimana anak-anak berada dalam sebuah lingkungan yang mendukung pendidikannya.

Ada beberapa alasan orangtua yang mendasari dipilihnya homeschooling. 3 alasan utama dipilihnya alternative ini berdasarkan studi di Amerika Serikat adalah: untuk mendukung kebutuhan agama/moral anak-anak, karena tinggal di daerah terpencil/pelosok, atau tinggal di luar negeri dan sering berpindah, atau juga seorang atlet/actor yang belajar di rumah.
Homeschooling bisa menjadi pilihan bentuk pendidikan untuk anak-anak dengan keadaan tertentu. Contohnya, anak-anak yang downgraded, mereka bisa memperoleh keuntungan dari homeschooling, dengan memanfaatkan internet, murah dan mudah. Dalam arti yang disamakan dengan pembelajaran jarak jauh, homeschooling bisa dikombinasikan dengan pendidikan tradisional untuk memberikan hasil yang jauh lebih baik. Homeschooling juga merujuk kepada pemberian instruksi di bawah bimbingan correspondence school atau umbrella school. Di beberapa tempat, anak-anak yang homeschooling bias memperoleh kurikulum di atas usia mereka pada umumnya, jika mereka mampu.

Penerapan homeschooling yang dijalankan tanpa adanya kurikulum dinamakan unschooling, sebuah terminology yang diberikan oleh John Holt pada tahun 1977 di majalahnya, Growing without Schooling.

Sumber : Dokumen Grup SunniHomeschooling di Facebook

If you enjoyed this post, please consider leaving a comment or subscribing to the RSS feed to have future articles delivered to your feed reader.